Minggu, 10 November 2013

(5). TREMOLO

Tremolo adalah teknik yang cukup mudah dikuasai. Sebelum kita bahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa ada jenis harmonika yang disebut harmonika tremolo. Harmonika ini secara otomatis mengeluarkan efek tremolo ketika ditiup/hirup. Nah, yang kita bicarakan di sini bukan jenis harmonika tersebut, melainkan cara mengeluarkan efek tremolo pada harmonika diatonik.



Setahu saya (yang masih beginner level meskipun sudah 3 tahun belajar, hiks), setidaknya ada tiga cara menghasilkan efek tremolo yaitu hand tremolo, diapraghm tremolo, dan jaw tremolo. Apa itu tremolo? Secara singkat, tremolo adalah penaikturunan volume suara secara berulang dan teratur. Yang perlu dicatat di sini, dalam penaikturunan volume suara, pitch menjadi SEDIKIT berubah karena berubahnya tekanan udara. Saya bilang SEDIKIT karena jika perubahan pitch yang terjadi hampir sama atau melebihi setengah nada, maka kemungkinan besar yang terjadi adalah teknik vibrato yang memang terdengar mirip dengan tremolo (saya baru tahu perbedaan ini dari video Alex Paclin).



a. Hand Tremolo

Sesuai dengan namanya teknik ini diawali dengan cupped hands seperti yang sudah saya tulis dalam postingan sebelumnya mengenai wah wah effect. Setelah tangan menangkup sempurna, kepak-kepakkan dengan cepat telapak tangan bagian atas (sekitar jari-jari) seperti sayap. Nah, efek yang timbul itulah yang disebut dengan tremolo. Biasanya, tanpa diberitahu pun para harmonicist pemula sudah melakukan hand tremolo ini secara spontan (lha, terus ngapain saya tulis lagi, ya? Hambuh). Bedanya dengan ‘wah wah’, dalam mengeluarkan efek ‘wah wah’  bagian tangan yang membuka adalah bagian bawah telapak tangan, yaitu bagian tebal dekat pergelangan (saya baru tahu perbedaan ini dari video Jason Ricci).

 

b. Diapraghm Tremolo

Tremolo juga bisa dikeluarkan dengan memanfaatkan diafragma. Caranya yang paling mudah adalah dengan mengucapkan “ha ha ha ha ha” sambil meniup/hirup harmonika secara berulang dan teratur.


c. Jaw Tremolo

Sesuai namanya, tremolo ini dihasilkan dengan menaikturunkan rahang (jaw) sambil tiup/hirup harmonika. Menurut Alex Paclin dalam videonya, menaikturunkan rahang tanpa memainkan lidah hanya akan menghasilkan tremolo, bukan vibrato. Cuma ya, bisa kaku rahang kalau terus-terusan pakai teknik ini. Hehe.

Contoh suara jaw tremolo

2 komentar:

  1. Ga bisa di-download... public foldernya dropbox ga bisa diakses...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih Kak. mana lupa passwordnya jg. *tepok jidat* Mgkin nanti saya upload pake soundcloud aja.

      Hapus