Minggu, 06 Januari 2013

MEMILIH HARMONIKA + HARGA HARMONIKA


Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli harmonika. Pertama, tentukan budget Anda. Hehe.
Jika budget sekitar 100 ribu, ada beberapa pilihan harmonika diatonik yang layak dipertimbangkan. Sebagai tambahan info, harmonika diatonik adalah tipe harmonika yang dipakai oleh Iwan Fals dan Kaka Slank (update harga per Januari 2017):
1. Suzuki Folkmaster: 110 ribu. Harmonika pertama saya. Bentuknya standar, tapi lebih terlihat klasik daripada sodaranya si “Easy Rider”. Pertama kali memainkan, bibir Anda akan terlihat seksi (karena lecet), tapi lama-lama akan terbiasa.
2. Suzuki Easy Rider: 100 ribu. Tidak jadi saya pilih karena terlihat seperti mainan (meski akhirnya ini menjadi harmonika kedua saya, hehe). Easy Rider punya suara yang lebih bulet dan lebih nyaman untuk tongue-blocking daripada Folkmaster. Hanya saja, suaranya terdengar lebih pelan. Tersedia dalam warna hitam dan merah. Update: per 2015 Easy Rider berwarna silver.
3. Angel: 100 ribu. Angel keluaran baru konon sulit dimainkan dan fals. Sangat tidak direkomendasikan untuk pemula (kecuali bagi yang suka tantangan kali ya).
4. Hohner Happy Color: 90 ribuan. Saya sendiri belum pernah memainkannya, tapi stoknya banyak sepertinya. Harganya memang murah, Tapi jangan salah, Om Robert dari Pencinta Harmonika telah membuktikan bahwa harmonika ini bisa buat ngeblues juga.
Sebenarnya untuk pemula lebih disarankan memakai harmonika standar. Pemula akan jauh lebih mudah belajar menggunakan harmonika yang berkisar antara 200—800 ribuan:
1. Tombo Lee Oskar: 400 ribuan. Merek Harmonika yang sangat melegenda, karena (sepertinya) pembuatannya diawasi langsung oleh legenda harmonika, Pak Lee Oskar, yang merupakan salah satu pemain favorit saya juga. Karakter suaranya lebih jazzy. Tersedia dalam berbagai tuning (standar, minor, melody maker). Perfect buat pemula, setidaknya begitulah komen dari orang-orang yang pernah mencobanya.
2. Hohner Special 20: 470 ribuan. Seperti Lee Oskar, merek ini banyak disarankan oleh website-website harmonika. Bahkan ada yang bilang, senyaman-nyamannya harmonika untuk pemula adalah Special 20 (harmonika keempat saya).  Suara cukup nyaring, bending lumayan empuk. Cocok untuk main modern blues, country, folk, dan rock. Tipe ini dipakai John Popper “Blues Traveler” dan Vicki Thorn “The Waifs”.
3. Hohner Golden Melody: 530 ribuan. Golden Melody konon merupakan harmonika diatonik yang paling mudah untuk di-overbend. Karenanya, harmonika ini cocok untuk main lagu pop, jazz, maupun classic yang banyak memakai nada kres dan mol. Ini adalah harmonika kelima saya dan harmonika pertama saya yang bisa di-overbend. Oh ya, Golden Melody ini merek favoritnya master harmonika Indonesia Reyharp. Bila teman-teman tertarik main cepat, harmonika ini saya rekomendasikan karena tidak ngempos/bocor.
4. Suzuki Harpmaster: 300 ribuan. Ini dia wakil Suzuki di rentang harga standar. Mendapat review sangat positif dari pembelinya. Suaranya renyah ngegaruk (raspy)! Sejauh ini, Harpmaster adalah merek favorit para Pencinta Harmonika (dan harmonika ketiga saya).
5. Suzuki Bluesmaster: 360 ribuan Adiknya HarpMaster dan kakaknya Folkmaster. Saya pernah dikasih pinjem sama Kak Risky dari Pencinta Harmonika, dan memang suaranya lebih bagus dari Folkmaster, meski ada yang bilang masih kalah responsif sama Harpmaster. Karakter suara Bluesmaster ini lebih mellow, berbeda dengan Harpmaster yang renyah.
6. Hohner Marine Band: 500 ribuan. Hampir sama dengan Special 20, tapi memiliki comb kayu dan karakter suara yang dihasilkan lebih renyah dan hangat. Marine Band adalah harmonika ketujuh saya dan di antara semua harmonika saya, karakternya paling saya suka. Oh ya tipe ini sulit dibongkar karena memakai paku (bukan sekrup) sehingga susah dibersihkan.
7. Hohner Crossover: 850 ribuan. Merupakan modifikasi Marine Band, hanya saja comb-nya terbuat dari bambu. Selain itu, tipe ini mudah dibongkar pasang karena tidak dipaku seperti Marine Band. Ini adalah harmonika keenam saya. Di antara semua harmonika saya, Crossover paling enteng untuk ditiup-hisap.
Jika budget Anda lebih dari 1 juta, maka harmonika yang dapat Anda pilih meliputi jenis harmonika Kromatik (12 lubang, dengan slide button/pencetan di samping) yang umumnya dipakai untuk memainkan jenis musik Jazz. Jika Anda pernah menyaksikan permainan harmonika Rega Dauna di Indonesia Mencari Bakat dan kepincut dengan permainannya, maka harmonika berikut ini bisa menjadi pilihan Anda:
1. Suzuki SCX-48: 2,6 juta
2. Suzuki SCX-64: 3,3 juta
3. Hohner CX-12: 2,4 juta
4. Hohner CX-12 Jazz: 3,5 juta
Sebenarnya ada banyak lagi merek harmonika yang beredar di pasaran, hanya saja saya hanya menuliskan harmonika yang paling umum (dan saya ketahui). Harmonika-harmonika tersebut bisa dibeli di MG music store (di dalam Gramedia). Selain itu, peminat harmonika biasanya juga memesan secara kolektif. Search saja grup Pencinta Harmonika di Facebook, di situ kadang dilakukan pemesanan kolektif harmonika dari luar negeri (biasanya dari Singapura).

Untuk pembelian online harmonika merek Suzuki, saya sarankan pesan di MG Music Online.
Sedangkan untuk merek Hohner, saya sarankan pesan di Om Guntari Arifin di Toko Harmonika.
Saya mendapatkan hampir semua harmonika saya dari situ.

Ada dua merek harmonika yang pembaca patut hindari, pertama harmonika diatonik merek Angel dan harmonika kromatik merek Skylark (dengan wadah plastik biru) yang sama-sama fals/presisi nadanya buruk. Banyak pembeli dua merek harmonika tersebut yang kecewa dengan kualitasnya. Herannya, masih ada saja yang menjual kedua merek tersebut. Jadi, berhati-hatilah sebelum membeli harmonika. 

Jika pembaca mengetahui harga terbaru dan dimana mendapatkannya, atau berkenan mengoreksi harga-harga di atas, silakan saja. Untuk tempat membeli harmonika bisa di-cek disini http://belajarharmonika.blogspot.com/2013/07/dimana-beli-harmonika.html

NB: Silakan mampir ke DAFTAR TEKNIK HARMONIKA untuk diskusi mengenai teknik bermain harmonika untuk pemula dan DAFTAR TAB HARMONIKA untuk kunci harmonika :D

211 komentar:

  1. klo winner harmonica yg termolo gimn cra mainnya yah??
    tolong dong!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya belum sempat mempelajari tremolo. Nanti ya, kalau udah beli. Hehehe

      Hapus
  2. Saya tertarik dengan alat musik ini, dan setelah beberapa kali searching saya menemukan artikel ini.

    Dari kutipan artikel di atas, merk "Tombo Lee Oskar" Perfect untuk pemula dan "Hohner Special 20" nyaman digunakan dan disarankan oleh website harmonika.
    Nah, disini saya bingung untuk memilih satu dari dua merk diatas karena saya masih nol dalam hal harmonika.

    Saya minta saran merk mana yg harus saya pilih.
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pilih Hohner Special 20 dulu, lebih mudah didapatkan di Indonesia. Banyak sekali review atas dua tipe harmonika ini di Youtube, di-search saja.

      Hapus
    2. mas rona, mau tanya kalo beli special 20 untuk pemula ambil yg mana kan ada yg A, dll, yg C kah?

      Hapus
  3. kalo saya mau beli dengan harga segitu dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan udah saya bilang di post, bisa di MG Music Store (yg biasanya ada di dalem Gramedia)untuk merek Suzuki, atau pesan secara online ke teman kita di grup facebook: "pencinta harmonika" untuk merek Hohner

      Hapus
    2. kalo Tombo Lee Oskar jarang yang jual ya ?

      Hapus
    3. Setahu saya memang belum tersedia di Indonesia. Mungkin bisa beli lewat e-bay? Saat ini harmonika sedang naik daun di Indonesia, jd ditunggu aja distributor-nya, mungkin bentar lagi muncul :D

      Hapus
    4. toko musik di solo ada yang jual merek Tombo, hanya ada 1 buah harmonika Tombo di toko itu

      Hapus
  4. sayaa kalo mo beli yang punya basic chornydnyaa yg mana yaaa

    BalasHapus
  5. kalau harmonika merk Suzuki yang seri promaster MR350 bagus ga ya? di toko deket rumah soalnya ada yang seri itu, dikisaran 340 rb, kira kira bagus g buat pemula? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya belum pernah coba Promaster. Namun, merek Suzuki udah jaminan mutu ya. Punya saya aja yg cuma 70rb enak kok buat belajar, apalagi Promaster. Saran saya sih, kalau budget segitu mending beli Special 20 / Golden Melody / Marine Band. Bisa pesan lewat Dek Reyharp di grup facebook

      Hapus
    2. gimna cara pemesannya gan?

      Hapus
    3. add friend aja adeknya, btw dia itu pemain harmonika paling jago se-Asia Pasifik lho. Trus chat aja, bilang mau pesen. Gitu.

      Hapus
  6. bagaimana kalo untuk suzuki folkmaster, pemesanan secara online ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba hubungi MG Music pusat +62 21 7206020

      Hapus
  7. kalo di surabaya bisa dapatkan hohner special 20 atau yang hohner nmarine band crossover di mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Jakarta saja Hohner masih jarang yg jual. udah, pesen aja ke dek Reyharp, special price lah kalo lewat dia.

      Hapus
  8. dapetin bluesband / folkmaster di bandung dimana ya? ada yang tau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicek di tokobagus, ada org bandung yg jual. Cuma ya itu, harganya lebih mahal daripada MG.

      Hapus
  9. HOHNER Special 20 Low F ada gk y kira2...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sptnya Marine Band yah yg banyak nyediain low key. CMIIW

      Hapus
  10. Kalau Hohner CX-12 di jakarta, adanya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kromatik yah? yg jelas bisa pesen ke dek Reyharp (via facebook), dia ke Singapore awal Sept nanti

      Hapus
  11. klu hohner bluesband .d bengkulu ada ngk y kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar tidak ada, saya pernah ke Palembang Square, di Gramedianya cuma ada Suzuki Folkmaster dan Angel. :( Pdhl Palembang sptnya lebih besar dr Bengkulu ya?

      Hapus
  12. Nanya dooonggg... Please jawab ya, penasaran soalnya. Kalau harmonika yg diapakai iwan fals pas lagu ujung aspal pondok gede itu harmonika apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iwan Fals setahu saya pakai tipe diatonik yah, tapi merek dan kuncinya saya belum tahu. Soalnya jarang dengerin Iwan Fals. Nanti deh coba saya dengerin.

      Hapus
  13. mau tanya nih,kalo untuk pemula yg blum tau apa2 bagusan beli harmonika jenis yg mana yak?? dgn harga kisaran di bawah 100rb tapi
    makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung sukanya genre musik apa. Kalo blues rock pilih diatonik kunci C. Kalo lebih ke arah anime pilih tremolo.

      Hapus
  14. Klo untuk pemula kyk sy, baiknya dan paling tepat beli harmonika type seperti apa ya..? Mohon bantuannya, sy pengen belajar harmonika... Makasih

    BalasHapus
  15. mau beli Hohner Bluesband susah dpt,y..kira2 boleh bli d mna

    BalasHapus
  16. mau nanya dong , saya kan beli harmonika folk master yg A nah tapi setiap saya mau belajar di youtube itu pakenya yang C semua , apa perbedaannya ya ? terus gimana belajar nya ? minta infonya yaa , makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma beda pitch. Gak apa pake aja. Tab dan cara mainnya sama, kok.

      Hapus
  17. mau tanya, kalau untuk yang folkmaster sama easy rider buat pemula yang bener2 baru mau belajar recomended yang mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bagusnya. Saya pertama kali belajar pakai Folkmaster, tapi sekarang lebih suka Easy Rider.

      Hapus
  18. Klo saya kan sukanya suara lembut,nah Harmonika manah yah yang cocok..

    BalasHapus
  19. kalo harmonika buat pemula bagusnya yang mana?
    b

    BalasHapus
  20. Easy Rider lumayan lembut (agak redam suaranya). untuk pemula kalau bisa beli yg mahal sekalian biar lebih cepat progress belajarnya

    BalasHapus
  21. pemula bagusnya beli yang mana jgn yg mahal* dong kan mahasiswa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. folkmaster atau easy rider boleh juga kok, tp kalo ada budget lebih mending yg mahalan spt harpmaster

      Hapus
  22. Kalo yg pas buat lagu SKA gitu yg mana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. diatonik. Saya pernah liat Yuri Lane (harmonica beatboxer) main harmonika + beatbox dg nada ska. cari saja di youtube

      Hapus
  23. gan tanya dong harmonika buat anime yang cocok ap ya

    BalasHapus
  24. trus 1 lagi gan klo biasanya orang main harmonica + beatbox gitu pake harmonika ap ya saya pengen belajar main harmonica banget nih gan saya masih nol tolong bantu gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pake diatonik kunci C atau D, contohnya di video ini pake C http://www.youtube.com/watch?v=2Dlfwnvz76Q

      Hapus
    2. bisa buat animennya juga gan ? di video itu dia pake Suzuki Overdrive ( C ) ini ya gan ?

      Hapus
  25. Kak, saya baru beli Suzuki Folkmaster key C di toko buku yang ada di Mall Pondok Indah... Harganya agak melambung dari yang saya kira... Jadi 90 ribu... Itu buat pemula seperti saya terlalu sulit nggak ya? Thx infonya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kok, kemari saya cek di gramed harga folkmaster 90rb, tidak ada yang sulit kalo kita sudah cinta sama harmonika, bahkan bisa nagih...hehe

      Hapus
    2. iya, ternyata sudah naik harganya. Maklum, rupiah sedang melemah. Itu harmonika pertama saya. Dulu saya beli masih 65rb.

      Hapus
  26. gan ane mau nanya nih klo mao beli hohner special 20 dijakarta, dmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udh jarang gan, kemarin aja gue beli online di kaskus harga 440rb

      Hapus
    2. hehehe. Beli di agan Guntari Arifin, kah? Mari rame2 kita minta MG music biar jual Hohner kaya dulu lagi.

      Hapus
  27. min ane mau beli tpi budget cuma 100k kira" utk pemula yg bagus yg merek apa ya ?

    BalasHapus
  28. min di lagu ini cara maen'a susah ga ?
    http://www.youtube.com/watch?v=_Q7ar9-rmX4

    BalasHapus
  29. master... kalo yang fokmaster 70ribu itu bs di bending jg ga maennya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama, saya bukan master. Folkmaster bisa dibending kok, harus sabar. Saya 6 bulan loh baru bisa bending

      Hapus
  30. Kalo harmonika yg biasanya d pakek iwan fals itu tipe apa yah ?? Kuncinya apa ?? Tolong dong master dibantu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iwan Fals pake diatonik. Untuk lagu Ujung Aspal itu pake harmonika G (keknya), tapi melihat musikalitas beliau, kemungkinan besar beliau pakai lebih dari satu kunci harmonika.

      Hapus
    2. oya lupa, pada satu tayangan di televisi, Iwan Fals latihan di studionya pakai Hohner Blues Harp. Jarang dijual di Indonesia

      Hapus
  31. Pemula lebih cocok easy rider apa folk master ka, tolong dong sarannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Easy Rider dan Folkmaster sama kok, cuma kalau mulut kamu agak mungil, pilih Easy Rider saja krn lubangnya lebih kecil.

      Hapus
  32. Saya pemula gan,baru aja tadi pagi beli harmonika winner tremolo.tapi udah bisa lagu ujung aspal pondok gede :D pasin aja sma kunci gitarnya,yg pertama itu insting harus kuat sma pantang menyerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Gan, memang main musik seharusnya lebih mengandalkan pendengaran. Beruntunglah mereka yang dikaruniai pendengaran super.

      Hapus
  33. misi gan, mau nana nih. Klo mau beli harmonika Hohner Spesial 20 dmn ya? aku udah keliling seantero Jogja ga ada nih. Ada rekomendasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk merek Hohner bisa dibeli di dek Reyharp via facebook. Setahu saya, dia satu-satunya endorser Hohner dari Indonesia. Harga terakhir 380rb

      Hapus
  34. teman-teman ..saya nyari marrine band kunci c..ada yang py stok ngk ya...ne no konta saya 0852 6290 4757, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada di dek Reyharp, silakan liat komen di atas

      Hapus
  35. Misi gan ane mau nnya,harmonika yg paling direkomendasi untuk pemula itu yg mana? Pesennya gimana? Terus belajarnya gimana ga? Maaf ane masih nol banget,tapi punya niat belajar harmonika. Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau yang suaranya lebih bagus & gampang di Bending mending pilih ''Hohner Marine Band''/''Suzuki Harp-Master''(atau Type High-End Lainnya), tapi sih kalo pengalaman saya mending pake ''Suzuki Folkmaster'' dulu (walaupun suaranya rada kempos ma rada susah di Bending) nanti kalau udah mahir make type apa aja jadi lebih gampang(dan juga stock Suzuki lagi banyak kanyaknya)

      Hapus
    2. setuju dengan komen di atas, seiring waktu Folkmaster akan terasa lebih mudah di bending

      Hapus
  36. min kalo harmonika yang di recommend buat nge-blues apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas diatonik. Untuk pemula kunci C dulu, lalu coba kunci A, D, G, dst.

      Hapus
  37. min kalo mau beli harmonika Harpmaster M-200 key C di jakarta dimana ya? thanks

    BalasHapus
  38. kalo Tremolo Suzuki Winner itu bagus ga sih buat pemula ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus kok, cuma disini Mimin gak bahas harmonika tremolo, ya. Gak punya soalnya. hehehe

      Hapus
  39. Maaf ikut gabung
    Saya mau Tanya saya kan mau blajar harmonika tapi dimana yah tempt yg jualan harmonika nya soal nya tiap tanya2x gx ada mulu

    BalasHapus
  40. Maaf, Mbak Rona Telam
    Saya sudah ke MG Blok-M kemarin(Buat nyari Suzuki Harp-Master kunci C), tapi
    kata penjaga tokonya lagi kosong(di web juga gak ada), Kira2 di mana lagi yah yg jual Suzuki Harp-Master di Jakarta ?

    BalasHapus
  41. permisi.. ane mau tanya nih, harmonika diatonik yg buat nge-jazz itu pake kunci apa yg recommended? please jawab yaa.. thanks :)

    BalasHapus
  42. Klo harmonika yang cocok buat maenin canon rock jenis apa ya gan?

    BalasHapus
  43. apa perbedaan Harmonika khromatik SCX-48C dan SCX-64C? mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. SCX-48 ada 12 lubang, 48 nada (4 oktaf). SCX 64 ada 16 lubang, 64 nada (>5 oktaf)

      Hapus
  44. jadi saya harus beli yang mana xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Folkmaster dulu lah, ntar juga pasti pengen beli yg lainnya. :D

      Hapus
  45. misi gan mau nanya Harmonica Diatonic Golden Cup 24 holes sama suzuki easy rider bagus mana gan buat pemula ?

    BalasHapus
  46. Kalau lagu klasik bisa main di harmonika? itu pake tremolo atau mending diatomik C ya ? Terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending kromatik, tp mahal sih. Biasanya dlm lagu klasik nada2 kromatis banyak kepake, kalo pake diatonik harus bisa teknik overbending

      Hapus
    2. Oooo gitu... makasih banyak info2nya. :)))

      Hapus
  47. misi ga, klau skylark diatonik bagus ga buat pemula?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, blm pernah nyoba Gan, tp Skylark yg kromatik itu produk gagal, jd saya krg percaya gitu sama brand ini

      Hapus
  48. gan kalo suzuki airwave bagus gak buat pemula?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus sih, tp karena body-nya agak gede, mgkn jd agak aneh kalau nanti ganti harmonika diatonik baru

      Hapus
  49. gan tentang harmonika gw masih 0... tapi gw pengen bisa.... gw suka yang klasik gitu gan... kira kira harmonikan yang cocok buat pemula dan klasik dibawah 100 ribu yang mana yah gan?
    mohon bantuannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. klasik begimane maksudnya Gan? Yg udh langka gitukah?

      Hapus
    2. maksudnya yang alirannya kayak iwan fals gitu gan,,,, hehe

      Hapus
  50. Permisi mas, kalo udah pernah pake harpmaster kunci C, kalo mau beli lagi mending merk, tipe, kunci apa ya enaknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba yg A, asik buat ngeblues :)

      Hapus
    2. Oke mas, nah enaknya beli merk type apa ya

      Hapus
    3. waduh, A saya cuma punya Easy Rider. Lagi ngincer Hohner kunci A nih

      Hapus
  51. nice info. kalo saya folkmaster udah cukup deh, murah tapi gak murahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju Mas Agus! Cuma saya gagal menaklukkan folkmaster. Btw, ngeblog jg ya? Semangat!

      Hapus
  52. saya punya beberapa pertanyaan mohon berkenan menjawabnya master:
    1. apa sih maksudnya harmonika C, A, BB??? apakah seperti halnya chord paranada gitu? kalo gitu apakah ada harmonika C#, C#m, Bm????
    2. apa bedanya harmonika kromatik? diatonik? pentatonik?
    3. kalau accordion adalah gabungan dari beberapa harmonika menjadi 1 apakah benar atau tidak?
    sekali lagi mohon penjelasannya terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Hmm, mudahnya gini. Dengan harmonika C, anda niup 3 lubang apapun akan terdengar chord C. Dg harmonika A, anda niup 3 lubang apapun akan terdengar chord A. Lalu, untuk ganti kunci dasar lagu, anda gak perlu ganti tab/menyesuaikan tab, tapi cukup ganti harmonika.

      2. Kromatik ada 12 lubang (mayoritas), untuk memainkan nada-nada kromatis cukup dengan pencet tombol (ada tombolnya). Diatonik ada 10 lubang, untuk memainkan nada-nada kromatis harus kuasai teknik bending dan overbending. Saya belum tau ada harmonika pentatonik.

      3. Saya gak tahu menahu mengenai accordion, hehe

      Hapus
  53. Folkmaster vs silverstar mending mana gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending Silverstar, tp kalau segi harga ikut dipertimbangkan, mending Folkmaster.

      Hapus
    2. Mending Silverstar, tp kalau segi harga ikut dipertimbangkan, mending Folkmaster.

      Hapus
  54. Hallo2!

    saya baru beli harmonika Suzuki tipe Winner 20 (total ada 40 lubang, 20 atas, 20 bawah) kunci di C

    saya coba cari notasi nya di internet tapi blm nemu.

    mohon bantuannya. terima kasih. :D

    BalasHapus
  55. Mas Reyharp kira-kira masih bisa nerima pesenan pembelian harmonica hohner gak ya mas?? Boleh minta contact nya??hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. terakhir saya contact, Reyharp sudah tidak stok :( Coba pesan ke Guntari Arifin (kaskuser), mumpung beliaunya lagi mau restok nih

      Hapus
  56. Sya pngen bljar musik ini... Di solo beli dmna ya...
    Bljar sndri bisa gk ya

    BalasHapus
  57. mas kalo harmonika yang cocok buat aliran rolling stones sama slank itu bagusnya make open strings apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. open strings gimana Gan? harmonika bukan gitar jadi tidak ada stringsnya. hehehe

      Hapus
  58. saya sudah beli harmonica untuk pemula merk nya Swan heuheuheu , saya seneng lagu2x blues dan jazz juga country . saya coba belajarsendiri melalui file 2x di youtube . tapi saya kok belum bisa mendapatkan suara atau nada @x seperti di music blues atau jazz ya ? apa memang ada harmonica khusus untuk music 2x seperti yang saya maksud , thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Swan kan ada yg diatonik dan kromatik, masbro beli yg mana dulu nih? Kalau di diatonik belum terdengar blues-nya, mungkin teknik bendingnya perlu diperbaiki. Untuk jazz pakainya teknik overbending mas, susahnya minta ampun itu teknik.

      Hapus
  59. bang ajarin saya maen harmonika yang 10-12 lobang lah :( ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 12 lubang? main kromatik yah? saya gak punya tuh kromatik, boleh lho kalo mau beliin. hehehe

      Hapus
  60. Mau tanya, kenapa skylark kromatik di bilang produk gagal??

    BalasHapus
  61. Saya sudah terlanjur beli, dan saya pemula,, mohon pencerahan, trimakasih

    BalasHapus
  62. Gan, saya pemula. saya beli harmonika Winner lubang 48 kunci dasar C , itu apakah tipe tremolo ? trus cocok nya buat musik apa.an gan? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali. Itu tipe tremolo. Tremolo cocok untuk main lagu yang nadanya tidak macam2 (do re mi fa so la ti do). Tremolo agak susah untuk main semitones (nada kres dan mol)

      Hapus
  63. Saya punya harmonika jadul, siapa yg minat add pun bb saya 74242e01. M.horner keluaran 1881

    BalasHapus
  64. kalo ada 15 lubang di depan sama belakang, itu harmonika jenis apa ya ?...

    BalasHapus
  65. Aku mau mesen harmonika yg bluesband...bisa gk ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bluesband sekarang susah di cari di pasaran

      Hapus
  66. Min pengen punya harmonika yang Di pake vokalis L'arc en Ciel (Hyde) Di lagu flower album butterfly

    BalasHapus
  67. Kalau yang Merek Swan bgmana gan ? (utk pemula)
    Soalnya di tokopedia udh banyak yg stok dgn harga terjangkau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa bilang bagus, tp bisa lah buat belajar dulu

      Hapus
  68. Gan kalo buat genre musik gospel bagusan harmonika apa ya,aku suka musik rohani soalnya,baru niat pengen belajar nih.


    Mohon bimbingan nya thank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. diatonik bisa, kromatik juga bisa. Coba cek Buddy Greene, salah satu pemain musik harmonika dg genre (mayoritas) gospel. Beliau pake diatonik

      Hapus
  69. mas saya baru beli harmonika merk BEE total lubang 48 hole atas bawah, dan bolak balik keyC dan key G,ini jenis harmonika apa ya?trus cocok buat musik apa?trims

    BalasHapus
  70. Gan mau nanya kalo harmonika merk yamaha bagus ga kalo buat pemula

    BalasHapus
  71. bang saya beli harmonika diatonik SUZUKI HARPMASTER kunci C. dan saya test tiap lubang dari no.1 sampai 10 tapi suara di lubang 2 pas saya tiup suaranya keluar kecil tp ga kecil bgt sih cuman beda aja sama suara yg lubang lain nah yg paling saya bingung pas saya sedot di lubang no 2 ga ada suaranya malah fals ke nada +3. apa memang begitu apa memang harmonikanya yg rusak?? mohon bantuannya karna saya masih pemula dan baru beli harmonika. terima kasih banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. lubang ke-2 memang yg paling sulit ditaklukkan. Perlu waktu sejenak dan latihan yg cukup agar bisa menaklukkannya. hehehe

      Hapus
  72. Mau tanya nih... kalau lagu nothing gonna change my love for you itu cocoknya kunci a atau c. Kalau c aku sudah coba terlalu tinggi.... kalau a tdk cocok, kunci apa yg cocok dgn lgu george benson itu...? Thanks.....

    BalasHapus
  73. Mau beli harmonika kromatik, bagus mana ya antara Swan dan East Top ?

    BalasHapus
  74. Mau beli harmonika kromatik, bagus mana ya antara Swan dan East Top ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harmonika kromatik yang pasti bagus merek Suzuki SCX-48 atau Hohner. Swan dan East Top berada di level kualitas yg imbang

      Hapus
  75. saya kalo di gitar udah dapat bluesnya, kalo harmonika saya belum pernah main, kalo mau belajar itu harmonika diatonik blues untuk pemula merek apa ya yang bagus dan berapa harganya ya?

    BalasHapus
  76. wah sepertinya kakak org yang pas untuk ngajarin saya :D

    BalasHapus
  77. RONAAAAA... ini blogmu to?yaampun tetiba aku pengen belajar harmonika dan google directing me to your blog....

    ron yg harga 100 an apa ya yang bagus? aku mau belajar n nanti tak paduin sama gitarku

    BalasHapus
  78. Hohner Bluesband susah ya
    cari di online juga ga ketemu :(

    BalasHapus
  79. "..3. Hohner Bluesband: sekitar 85 ribu. Konon, enak dimainkan dan banyak dianjurkan juga oleh para pemain. Sayangnya, ketersediaan di pasaran sangat jarang. Hohner ini pabrikan harmonika paling terkenal saat ini..."

    Dimana bisa saya dapatkan ini ? mohon infonya
    Thanx
    Ivanie-Bekasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Hohner Blues Band konon diproduksi di China (di bawah pengawasan Hohner) jadi memang agak sulit di Indonesia. Biasanya Hohner Bluesband yg dijual di Indonesia sudah satu set (7 kunci), jadi harganya tentu jadi mahal. Coba cek toko Irama Jaya di tokopedia

      Hapus
  80. Min, mau tanya saya pengen belajar nihh, buat lagunya 'dave koz yang judulnya you make me smile, bisa di mainin pake harmonika ngk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dave Koz kan nadanya rumit, sepertinya kromatik lebih cocok. Diatonik bisa juga, tp butuh teknik overbending.

      Hapus
    2. terimakasih sudah respon,,, saya sudah beli harmonikanya, diatonik merek folk master suzuki nada dasarnya C, bingung gunainnya hahahaha, untuk pemula seperti saya langkah awalnya gimana?

      Hapus
    3. belajar single note, bending, dan posisi

      Hapus
  81. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  82. gan kalo harmonika merek qidi yg hrganya 40 ribuan gmana gan??
    bales ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, harganya terlalu di bawah standar gan. Mungkin tidak terlalu mudah dimainkan. Coba beli yg merek tower atau golden cup saja gan

      Hapus
  83. Gan kalo lagu bento harmonika nya kunci apa ya ??? Pliss master saya bingung mau beli chord apa untuk lagu bento

    BalasHapus
  84. permisi kalo pabrik pembuatan harmonika ada yang tau ga dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan di Jerman, Jepang, China, dan Brazil gan. Saya pernah dengar ada harmonika produksi lokal, tapi lupa mereknya.

      Hapus
  85. Permisi gan? Mau nanyak, suzuki harpmaster sama bluesmaster itu bagus mana ya? Ada yang bilang kalo suara lebih bagus harpmaster. Tapi lebih tahan lama bluesmaster, karena reednya dari perunggu. Maan yang bener gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karakter keduanya beda bro, harpmaster lebih serak, bluesmaster cenderung lembut. Setahu saya keduanya sudah pakai reed dari perunggu (phospor bronze). Kalo mau yg tahan lama ada reed dari steel (baja) merek Seydel Session Steel, tapi harganya mirip dengan Crossover.

      Hapus
  86. apakah harmonika suzuki Winner bisa untuk mainin bending-bending blues?
    kira-kira harmonika merek apa yang harganya dibawah 300 ribu & bisa untuk main blues?

    BalasHapus
  87. apakah harmonika suzuki Winner bisa untuk mainin bending-bending blues?
    kira-kira harmonika merek apa yang harganya dibawah 300 ribu & bisa untuk main blues?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tremolo sih teorinya bisa dibending tapi susah banget gan prakteknya. Apalagi tremolo yang murah

      Hapus
  88. 1. apakah harmonika suzuki Winner bisa untuk mainin bending-bending blues?
    2. kira-kira harmonika merek apa yang harganya dibawah 200 ribu & bisa untuk main blues & mudah untuk bending?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suzuki Winner itu jenis tremolo gan, tidak bisa dibending. Dibawah 200k pake Folkmaster saja

      Hapus
  89. mau beli online nih yg folkmaster

    BalasHapus
  90. Harmonika 32 lubang jenis harmonica apa gan? Info

    BalasHapus
  91. harmonica buat music blues, yg cocok harmonica jenis apa, harganya 100 dibawah

    BalasHapus
  92. gan, aku pertama kali main harmonika, sudah beli suzuki easy rider.. tapi begitu pertama kali bermain terasa bau besi dinafas, sudah saya coba bersihkan reednya tapi tetap terasa besinya~

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa memang begitu, atau ada yang salah dengan harmonikanya?

      Hapus
    2. memang begitu, easy rider yg saya beli dulu bau cat. sekarang tidak dicat, malah bau besi

      Hapus
    3. mmm begitu ya gan, kalau saran agan untuk harmonika yg enak apa ya gan? kalau horner spesial 20 bau besi gak gan?

      Hapus
    4. special 20 bagus, tidak bau besi

      Hapus
    5. kalau yg murah tapi tidak bau besi ada gak gan? aduh maap nih saya jadi banyak nanya~

      Hapus
    6. Folkmaster tidak bau besi gan

      Hapus
  93. terimakasih untuk info nya.. membantu sekali...

    BalasHapus
  94. klo merk swan bagus ga gan buat pemula?
    thx infonya

    BalasHapus
  95. Gan, kalo harmonika yang di pake kaka slank harmonika jenis apa yaa? Makasih

    BalasHapus
  96. Baru mau beli harmonika tapi bingung bagusan suzuki folkmaster atau suzuki easy rider

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aja sih gan. kalo mau yang keras ambil folkmaster, kalo suka yg pelan ambil easy rider

      Hapus
  97. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  98. Gan menurut mu lebih bagus harpmaster/bluesmaster? Dari segi bending,suara. Ane mau beli tapi bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama enak gan, perbedaan lebih ke karakter suara. Harpmaster lebih renyah/serak-serak basah, kalo si Bluesmaster lembut2 mellow gitu.

      Hapus
  99. Bang, saya liat ada merk namanya Cowboys, harganya lumayan bersahabat, itu recommended gak? Takut salah beli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain aja Gan, tapi saran saya beli merek Folkmaster

      Hapus
  100. Bang mau tanya untuk bermain blues itu saya biasa bawain di chord G atau A,saya ingin beli harmonica di chord G atau a ada gak yaaa?trus berapa hole?12 bukan u bermain blues?soalnya lagi mau kulik lagunya little walter ,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau biasa main blues di G pakenya harmonika C, Gan. Kalo biasa main di A, pakenya harmonika D. Karena kalo blues kita pakenya 2nd position. Nah kebetulan harmonika C sama A ini paling banyak tersedia di pasaran. Beli yg sepuluh lubang gan

      Hapus