Minggu, 20 April 2014

(8). 1st POSITION atau POSISI PERTAMA



1st POSITION (STRAIGHT)
Merupakan posisi yang cocok untuk bermain musik folk/pop yang sederhana (contoh: Twinkle-Twinkle Little Star, Mary Had a Little Lamb, dll). Misalnya di harmonika C, Anda bisa bermain di C mayor (ionian).
Contoh tangga nada C mayor (ionian) di oktaf tengah:
C  D  E  F  G  A  B  C
4 -4  5 -5  6 -6 -7  7
Tangga nada C mayor juga bisa dimainkan di oktaf rendah dan oktaf atas. Untuk oktaf rendah nada C terletak di lubang 1 tiup, dan untuk oktaf atas nada C terletak di lubang 7 tiup (untuk lengkapnya, silakan lihat gambar di atas). Silakan memulai tangga nada C mayor di oktaf rendah dan oktaf atas dari kedua nada tersebut. Hanya saja, untuk memainkan tangga nada C mayor lengkap 3 oktaf, Anda harus sudah menguasai teknik bending, baik draw bending maupun blow bending.

Tangga nada Blues juga bisa dimainkan dalam 1st position ini, tapi terbatas hanya pada oktaf atas (lubang 7 hingga lubang 10), kecuali jika Anda sudah menguasai teknik overbending. Kenapa? Karena Anda harus menggunakan teknik overblow di lubang 1 untuk mendapat nada Eb di oktaf rendah dan overblow di lubang 4, 5, 6 untuk mendapat nada Eb, F#, dan Bb di oktaf tengah. Nah, berikut tangga nada blues untuk oktaf atas:
Tangga nada C blues:
C  Eb  F  F#  G  Bb  C
7  8’ -9  9’  9  10” 10

Karena terbatasnya nada-nada blues (blue notes) yang bisa dimainkan di posisi pertama, orang cenderung lebih suka memainkan musik blues di posisi kedua, sedangkan posisi pertama lebih cocok untuk memainkan musik folk, pop, atau country. Berikut contoh musik sederhana yang dimainkan menggunakan posisi pertama. Lagu pertama adalah Twinkle-Twinkle Little Star dan lagu kedua adalah Tik Tik Bunyi Hujan. Saya pakai Folkmaster kunci C waktu main dua lagu ini.



Berikut tab Twinkle-Twinkle Little Star:
4 4 6 6 -6 -6 6
-5 -5 5 5 -4 -4 4
6 6 -5 -5 5 5 -4
6 6 -5 -5 5 5 -4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar