Minggu, 20 April 2014

(10). 3rd POSITION atau POSISI KETIGA

3rd POSITION (SLANT)
Merupakan posisi yang kadang-kadang dipakai juga untuk bermain blues dan rock. Misalnya di kunci C, Anda bisa bermain di D dorian atau D blues. Posisi ini lebih memiliki nuansa sedih (minor). Jadi, sekarang kita belajar main di D minor pakai harmonika C (3rd Position).

Tangga nada D dorian:
 D  E  F  G  A  B  C  D
-4  5 -5  6 -6 -7  7 -8

Loh apa maksudnya tangga nada D dorian? Jadi begini, kalau kita memaksakan main tangga nada D minor lengkap di harmonika C, kita harus menguasai teknik overbending dulu. Nah, karena belum bisa, kita ganti satu nada saja (nada Bb) menjadi nada B agar lebih mudah dimainkan, tapi tetap terdengar minor/sedih. Dengan begitu, sekarang kita bisa main dengan tangga nada D dorian (yang sangat mirip D minor) di harmonika C.

Tangga nada D minor pentatonik:
 D  F  G  A  C  D
-4 -5  6 -6  7 -8

Tangga nada D blues:
 D  F  G  Ab  A  C  D
-4 -5  6 -6’ -6  7 -8

Nah, ketiga contoh yang Mimin kasih di atas semua terdengar sama-sama sedih kan? Mimin lagi galau soalnya. Hehe. Silakan pakai tangga nada yang mana aja, atau dicampur juga boleh, bahkan pakai nada lain juga boleh (yang penting akur/harmonis). Jangan lupa ketika kita main di kunci D minor pada harmonika C, nada D harus menjadi nada patokanmu, ya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar