Selasa, 30 April 2013

(1). SINGLE NOTE


(1). SINGLE NOTE

Single note adalah teknik paling dasar ketika kamu hendak memainkan harmonika diatonik. Sesuai dengan namanya, dalam teknik ini kita harus dapat membunyikan hanya satu nada dengan bersih. Maksudnya tidak ada nada lain yang berbunyi secara bersamaan. Sementara itu, jika kalian memainkan harmonika dan terdengar lebih dari satu nada, maka yang kalian mainkan adalah chord. Untuk teknik chord ini akan saya bahas di tulisan lain.

Ada berbagai cara untuk menguasai single note ini.
1) Puckering: adalah teknik memonyongkan bibir (jangan ketawa, ini serius) untuk mendapatkan satu nada secara bersih. Caranya kira-kira seperti ini: coba ucapkan “uuuuu”, nah otomatis lubang bibir akan mengecil. Selanjutnya, coba tiup atau sedot HANYA SATU lubang di harmonika diatonik kamu dengan bentuk bibir seperti itu. Cara lainnya, coba kamu anggap bahwa satu lubang harmonika kamu adalah lubang sedotan, jadi ketika hendak meniup/menghirup harmonika, posisikan mulut kamu seakan hendak meminum dari sedotan.

2) Tongue-blocking: adalah teknik ngeblok beberapa lubang harmonika dengan lidah sehingga hanya satu lubang saja yang tertiup/terhirup. Misalnya, ketika kamu bermaksud meniup lubang 4 secara tidak sengaja lubang 5, 6, dan 7 ikut tertiup, maka posisikan lidahmu untuk menutup lubang 5, 6, dan 7.

3) Lip-blocking: adalah teknik ngeblok beberapa lubang harmonika dengan bibir. Nah, untuk lebih jelasnya, saya kira saya tidak punya kapabilitas untuk menjelaskan karena saya sendiri belum paham benar cara menerapkan teknik ini.

Ketika baru belajar memainkan harmonika, saya membutuhkan waktu satu minggu untuk menguasai teknik ini. Mulanya, saya mendapatkan single note dengan cara tongue-blocking. Kemudian saya baru sadar bahwa belajar bending sambil tongue-blocking benar-benar susah. Akhirnya, saya mempelajari teknik puckering dan menguasainya dalam waktu satu—dua minggu. Setelah bisa single note, baru deh kita bisa mencoba tab-tab harmonika di blog ini. Intinya, jangan pernah tergesa-gesa apalagi berputus asa dalam berlatih. Selamat mencoba!

9 komentar:

  1. Salam bro.
    Pengen banget bisa maen harmonica nih.
    Ane pantau terus blog ini ah....

    BalasHapus
  2. Gmn caranyanya biar nafas kuat pas saat menyedot bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. latihan terus gan, kalo ane sih mulai terasa nafas jadi kuat karena "chugging". Tentang chugging udah ane tulis juga di blog, silakan dipraktekkin sering-sering

      Hapus
  3. gan coba buat vidio tutorial di youtube

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduuu maap gan saya pemalu orangnya. Di Youtube ada channelnya Chandra Suganda dan OqJelly (Papa Monique) Gan. Coba aja.

      Hapus
  4. Gan.. saya seneng gan sama yg suka bagi2 ilmu.. makasi gan

    BalasHapus
  5. Bang kalau saya pakai tongue blocking itu lidah saya malah nutup semua not nya, kalau ketiup pun lidah saya kek cuss blubub blubu gitu bang itu gimana sih

    BalasHapus
  6. kak saat main harmonika saya nggak bisa menutup lubang lain dengan lidah gimana caranya supaya saya bisa

    BalasHapus
  7. Bang tolong ajarin singel note masih sulit praktekanya

    BalasHapus