Senin, 08 April 2013

Pemain Harmonika Perempuan




Saat ini, harmonika, baik diatonik maupun kromatik, adalah instrumen musik favorit saya. Instrumen mungil ini mampu menciptakan dunia yang jauh lebih besar dari yang pernah saya bayangkan. Salah satu fakta menarik mengenai harmonika adalah sedikitnya pemain harmonika perempuan. Ambil contoh saja, dari daftar World of Harmonica Top 100 Most Popular Artist pada Mei 2012, hanya tercantum sekitar 10 nama pemain perempuan. Saya sendiri memiliki daftar pemain perempuan favorit saya yang meskipun subjektif, tapi worth to check. Berikut ini daftar saya (in no particular order):

1.       Rachelle Plas
Setidaknya ada dua performa Dek Rachelle yang bikin saya merinding: “Whammer Jammer” dan “Orange Blossom”. Usut punya usut, ternyata Dek Rachelle yang masih berusia 20 tahun ini adalah murid J.J. Milteau (pemain favorit saya juga). Rachelle juga merupakan peraih medali perak dalam Kejuaraan Judo Junior Dunia, fakta ini sedikit menjelaskan kekuatan napasnya yang seakan tiada habisnya.
2.       Hermine Deurloo
Girl Talk” menjadi lagu yang memperkenalkan sekaligus mengukuhkan posisi Hermine sebagai female chromatic harmonicist favorit saya.
3.       Trina Hamlin
Trina adalah penyanyi, penulis lagu, gitaris, perkusionis, whistler, dan pemain harmonika paling keren versi saya. Sejauh ini permainan harmonikanya yang paling “gila” menurut saya adalah ketika ia chugging di interlude lagu “Time Between Trains” di Philly Folk Festival. Ia sering tampil mengiringi musisi lain seperti Susan Werner, Indigo Girls, dan Natalie Zukerman.
4.       Vikki Thorn
Vikki, salah satu personel The Waifs, band folk-rock asal Australia ini sering menyisipkan permainan harmonikanya di beberapa lagu The Waifs (saya pribadi suka sekali band ini) seperti “London Still”, “Lighthouse”, “Eternity” dan “Don’t Think Twice It’s Alright”.
5.       Christelle Berthon
Christelle adalah pemain harmonika perempuan paling terkenal saat ini. Ratusan videonya beredar di Youtube, menjadikannya salah satu artist/channel dengan viewers terbanyak. Selain harmonika, mantan pemain oboe ini juga (sangat) mahir memainkan recorder (dan akhir-akhir ini merambah dunia saxophone).
6.       Mariana Borssatto
Mariana adalah satu dari 4 personel Mulheres Gaitistas, kuartet harmonika dari Amerika Selatan. Saya pernah mengirim email kepada Mariana terkait sedikitnya videonya di dunia maya. Ia menjawab bahwa harmonika hanyalah hobi dan bukan profesinya. Belakangan, saya tahu bahwa hobinya ini telah membawanya keliling dunia semenjak ia bergabung bersama band Capitan Tifus dan melakukan world tour.
7.       Kitty Durham
Salah satu personel Kitty Daisy Lewis ini menjadikan harmonika sebagai instrumen vital dalam lagu-lagu mereka. “Polly Put The Kettle On” dan “Say You’ll Be Mine” menyisipkan banyak bagian harmonika.
8.       Michal Adler
Putri dari legenda kromatik harmonika Larry Adler ini mewarisi bakat ayahnya. Michal memainkan lagu-lagu klasik, biasanya bersama dengan iringan biola dan bass/chord harmonika.
9.       Dita Saferina
Tak lengkap rasanya jika tak ada pemain lokal dalam list saya. Untungnya, The Voice Indonesia memperkenalkan Dita Saferina kepada para pencinta harmonika se-tanah air. Penyanyi asal Suroboyo berusia 40 tahun ini selalu membawa harmonikanya dalam tiap penampilan.

6 komentar:

  1. Weh...kurang satu, biar genep 10, yaitu : RONA TELAM......tepuk tangan sodara2!


    wkwkwkwk....


    SalamSedotSebul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh, masih jauuuuh Om. Blowbend aja belum lulus nih hole 10, drawbend kunci G jg masih belepot

      Hapus
  2. Annie Raines kok ga ada ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, masalah selera saja. Annie Raines saya pernah dengar, cuma gak koleksi

      Hapus
  3. Saya di beri harmonika kunci G dan saya pemula kaka.. Untuk pemula baikny di mulai dar kunci apa ya, dan lagu apa yang cocok untuk belajar diawal? Tolong bimbinganny, Trimakasih..

    BalasHapus